By Yubian "Arnheim" Asfar In Featured, Games Saturday, 2 January 2021

Game yang ditonton di Twitch memang sangat beragam, namun angka faktanya tidak pernah berbohong. Biasanya game yang memiliki jumlah penonton atau viewership tinggi memiliki basis pemain yang banyak juga.

https://www.revivaltv.id/10-atlet-esports-indonesia-pendapatan-tertinggi-tahun-2020/

Baru-baru ini, website analisa dari Twitch, SullyGnome mengeluarkan total 10 game yang paling banyak ditonton di Twitch. Hal ini berdampak mengingat banyaknya pengguna Twitch berkat kebijakan lockdown atau PSBB, sehingga aktivitas di internet juga meningkat tajam.

Sebagai perbandingan pada game Fortnite yang meledak di tahun 2018 dengan Ninja sebagai seorang bintang utama. Twitch menjadi platform andalan banyak streamer dan telah memiliki total anggota aktif, bahkan Fortnite memiliki lebih dari total 18 juta jam tontonan selama tahun 2020 dengan peningkatan 65 persen dari tahun ke tahun.

Lalu, game apa saja yang mendapatkan banyak penonton menurut Twitch? Apakah game pertama sesuai ekspektasi kamu? Langsung cari tahu, slur!

10. World of Warcraft

game ditonton twitch
Sumber: Twitch

Daftar ini memang tidak sepopuler game lain di Indonesia, namun World of Warcraft memang memiliki banyak penggemar dengan sejarahnya yang panjang. Blizzard Entertainment sebagai pihak pengembang juga bemain peran atas tingginya angka penonton.

Meskipun demikian, World of Warcraft mengalami penurunan yang cukup jauh setelah tahun 2019 menduduki urutan ketujuh. Ada yang main World of Warcraft di sini?

9. Dota 2

game ditonton twitch
Sumber: Valve

Game sejuta umat di Indonesia, tapi dulu! Yap, Valve sebagai pihak pengembang memiliki PR besar di tahun 2020 setelah gagal menghadirkan gelaran The International 10 sebagai ajang promosi. Lantas, angka penurunan pemain aktif terus berlangsung dari bulan ke bulan.

Sama seperti WoW, Dota 2 juga mengalami penurunan angka dari tahun 2019 yaitu urutan kelima menjadi urutan kesembilan. Kasian sekali, pak Gaben!

8. Minecraft

game ditonton twitch
Sumber: Microsoft

Mungkin grafis bukanlah semuanya dan itu terbukti dengan Minecraft yang mengisi posisi kedelapan mengalahkan dua game populer sebelumnya. Dengan nuansa kubus, rupanya keasyikan permainan ini tidak terletak dari grafis.

Gaya bermain custom yang bisa disesuaikan dengan para pemain bisa menjadi hal yang asik untuk ditonton. Apalagi Minecraft memang sangat hebat setelah berada di urutan 10 besar, karena di tahun 2019 game Minecraft tidak hadir sama sekali.

7. Counter-Strike: Global Offensive

game ditonton twitch
Sumber: Vortex

Game besutan Valve dengan sejarah lebih dari 18 tahun yaitu Counter-Strike. Dengan perkembangan dari seri 1.6 menjadi CS:GO, kini Valve juga memiliki masalah dalam kesejahteraan banyak pemain esportsnya, seperti sang pesaing baru yang ada di urutan kelima.

6. Call of Duty: Warzone

game ditonton twitch
Sumber: Coil.com

Activision berhasil mencuri banyak minat penggemar game Battle Royale dengan grafis memukau! Benar saja, game yang memiliki total memori lebih dari 100 GB ini menjadi sangat asyik dimainkan dengan para teman-teman, dan yang penting gratis untuk diakses!

5. VALORANT

game ditonton twitch
Sumber: Riot Games

Pendatang baru sejak bulan Oktober, tapi sudah mengisi posisi 5 besar! Benar, Riot Games memang serius mengembangkan game FPS dengan hasil yang memuaskan. Apalagi kalau bukan kehadiran Agent serta gaya bermain yang sangat berbeda.

Meski sempat dihujani kritik, namun VALORANT terbukti laku di pasaran, bahkan banyak pemain CS:GO profesional yang memutuskan pindah ke VALORANT.

4. Grand Theft Auto V

Sumber: Dot Esports

Game sejuta umat juga, terlebih untuk para gamers global. Mengisi posisi 4 membuat GTA V yang dirilis sejak tahun 2014 ini tidak tergeser. Jadi tidak heran bila Rockstar Games memutuskan untuk 'setia' dengan game satu ini, masalahnya masih laku juga, hehe.

3. Fortnite

Sumber: Fortnite

Fortnite hadir sebagai warna yang berbeda, apalagi setelah demam game Battle Royale pada tahun 2018 silam. Warna baru hadir ketika game dengan gaya perang klasik seperti PUBG hadir menyihir para pemain.

Namun lagi-lagi, Fortnite dengan gaya membangun khas serta rotasi yang sangat dinamis menjadi lebih menarik ditonton, setidaknya menurut Twitch. Yang jelas kalau tahu Ninja pasti tahu Fortnite, harusnya.

2. League of Legends

damwon gaming worlds 2020
Sumber: LoL Esports

Game MOBA terbaik di PC? Menurut Twitch jatuh kepada League of Legends yang lagi-lagi game besutan Riot Games. Bila disandingkan oleh Valve, nyatanya Riot Games menang telak di tahun 2020.

Apalagi LoL memiliki keputusan krusial sekaligus layak diapresiasi setelah nekat menghadirkan turnamen Worlds 2020 di Shanghai. Juara baru yaitu DAMWON Gaming menyumbang angka yang tinggi untuk jumlah penonton di Twitch.

1. Just Chatting

Sumber: Dot Esports

Nah, pasti beberapa di antara kalian memiliki pertanyaan di benak masing-masing, "Game apaan ini?"

Sekilas, Just Chatting merupakan fitur chatting untuk para streamer dengan penggemarnya, kamu bisa melakukan apa saja dengan fitur ini. Tentu dengan memiliki gaya obrolan yang lucu, bahkan streamer sukses menyumbang banyak penonton dari fitur satu ini.

Dan seperti namanya, hanya chatting merupakan kegiatan yang akan kamu lakukan di platform satu ini. Apakah layak dihitung sebagai game? Mengaju pada laporan SullyGnome sepertinya tidak ada salahnya.

BACA JUGA: 10 Atlet Esports Indonesia dengan Pendapatan Tertinggi Hingga Tahun 2020

Jadi cocokkah urutan game ditonton di Twitch dengan 10 urutan di atas? Apakah menurut kamu penurunan beberapa game berdampak langsung dari minimnya event yang dilakukan oleh pihak pengembang game? Hmmm, mungkin iya.

Ikuti lini masa RevivaLTV di YouTubeInstagramFacebook dan Revivalpedia untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar esports.