By Yubian "Arnheim" Asfar In Featured, News, Games Wednesday, 30 December 2020

Meskipun 2020 menjadi salah satu tahun yang sangat sulit bagi semua organisasi esports, namun sejumlah tim tetap ikut serta dalam mengikuti beberapa kompetisi demi menjaga eksistensi mereka. Turnamen esports mobile terbesar juga hadir di tahun 2020, apalagi kalau bukan dengan format yang lebih aman.

Beratnya tahun ini bukan berarti tidak ada turnamen besar. Terhitung ada cukup banyak kompetisi esports besar yang diselenggarakan pada tahun 2020, baik game esports mobile maupun PC.

https://www.revivaltv.id/ninja-saga-resmi-tutup-akses-game-facebook-setelah-10-tahun/

Berbicara soal kompetisi esports mobile, kami rasa kalian juga sudah tahu bahwa MPL ID, Free Fire Continental Series dan PUBG Mobile Global Championship ternyata masih diselenggarakan, bahkan prize pool yang ditetapkan juga sangatlah besar.

Akan tetapi, tahukah kalian bahwa ada game mobile lain yang mungkin jarang sekali terdengar di Indonesia, namun sukses menjadi kompetisi esports terbesar di tahun 2020 ini?

Pada kesempatan ini, kami akan membagikan beberapa turnamen esports mobile terbesar tahun 2020 yang mungkin belum kalian ketahui.

9. MPL - ID (Mobile Legends: Bang Bang) - USD 300,000

Memang menjadi salah satu turnamen esports terlaris di Indonesia, bahkan hadiah yang disuguhkan oleh Moonton terus berkembang di setiap tahunnya. Di tahun 2020, rupanya MPL ID Season 6 menjadi kian menarik dengan kehadiran RRQ Hoshi sebagai juara dengan hasil sengit 3-2 melawan Alter Ego di partai final.

Meski demikian, baik RRQ Hoshi dan Alter Ego mampu menjadi wakil Indonesia di pertandingan kelas dunia yaitu M2 World Championship 2020 yang akan berlangsung di Singapura dalam waktu dekat.

turnamen esports mobile terbesar
Sumber: MPL Indonesia

8. Free Fire Continental Series (Free Fire) - USD 300,000

Turnamen Free Fire tingkat dunia yang mampu membawa lebih dari 2 juta penonton, hebat! Gelaran satu ini membawa 3 regional yang bertanding yaitu EMEA, Amerika, dan Asia. Dengan prizepool fantastis tentu membuat setiap tim mencoba memberikan performa terbaiknya. Sbornaya ChR menjadi wakil FFCS EMEA, lalu ada Team Liquid sebaga ijuara FFCS Amerika dan EXP Esports sebagai wakil FFC Asia.

Hadiah utama bagi sang juara ditaksir sebesar USD 80,000 yang berarti hadiah besar untuk sebuah tim. Tergiur untuk mengikutinya? Sepertinya kamu harus mampu menjuarai gelaran tingkat regional terlebih dahulu.

turnamen esports mobile terbesar
Sumber: Garena

7. Call of Duty Mobile World Championship (Call of Duty: Mobile) - USD 750,000

Turnamen Call of Duty juga tidak luput dari perhatian. Activision memang tidak main-main dalam mengembangkan ranah esportsnya, apalag idengan menghadirkan turnamen tingkat dunianya. Sempat direncakan untuk hadir sebagai turnamen offline, lagi-lagi pandemi COVID-19 menggagalkan niat dari Acitivision. Meski demikian, hadiah turnamen sebesar USD 750,000 menjadi rekor namun harus dipisah sebesar USD 107,000 dan dibagikan bagi para tim yang lolos kualifikasi.

https://twitter.com/PlayCODMobile/status/1336084322072354823

6. PUBG Mobile World League East and West (PUBG Mobile) - USD 850,000

Turnamen yang menjadi kejutan, apalagi kalau bukan juaranya Bigetron RA yang merupakan organisasi esports asal Indonesia. Tim yang kental dengan logo robot berwarna merah tersebut hadir sebagai juara PMWL East, sedangkan untuk juara PMWL West jatuh kepada Futbolist.

Alasan dibaginya kedua regional adalah karena COVID-19 dan diharuskannya gelaran format online. Dengan kata lain, tim dari seluruh dunia akan kesulitan koneksi bila berada di lokasi yang berbeda. Maka di bagi kedua regional yang setidaknya memiliki koneksi stabil untuk dapat bertanding secara adil.

turnamen esports mobile terbesar
Sumber: Republic World

5. Gamers Without Borders 2020 (PUBG Mobile) - USD 1,564,000

Sebenarnya turnamen satu ini hadir bukan untuk urusan kompetitif, melainkan masalah kemanusiaan. Yap, pandemi COVID-19 membuat beberapa organisasi menghadirkan turnamen dengan tujuan beramal, salah satunya Gamers Without Borders. Selain PUBG Mobile juga diselenggarakan beberapa judul game lain, seperti Dota 2.

Hadiah yang disuguhkan memang besar, karena inisiator dari turnamen ini datang dari tanah Arab Saudi yaitu SAFEIS dan ESL. Sang juara, GodLike dan GWB memberikan semua donasinya kepada International Medical Corps (IMC).

BACA JUGA: [Kaleidoskop 2020] 4 Turnamen Besar Esports yang Ditunda atau Dibatalkan Akibat Virus Corona

4. Peacekeeper Elite Championship (PUBG Mobile) - USD 1,816,039

Turnamen ini merupakan eksklusif di tanah Tiongkok. Yap, PUBG Mobile memiliki penggemar di berbagai belahan dunia tapi tetap saja turnamen kali ini membawa hadiah yang sangat besar. Pada tahun 2020, PEC menghadirkan Nova Esports yang tampil sangat dominan melampaui beberapa tim favorit juara seperti Royal Never Give Up, Four Angry Men, dan Tempo Storm.

Semua tim yang bertanding di turnamen kali ini juga membawa hadiah fantastis yang dibagi sedemikian rupa dari total USD 1,816,039. Bagaimana? Baik bukan sang pengembang, Tencent.

3. PUBG Mobile Global Championship 2020 (PUBG Mobile) - USD 2,000,000

PUBG Mobile lagi-lagi mengirim satu wakil yaitu turnamen. Perlu digarisbawahi bahwa turnamen yang disebutkan di PMGC 2020 ini belum termasuk Playoff yang akan berlangsung di Dubai pada awal 2021 mendatang. Hadir sebanyak 24 tim yang lolos kualifikasi dari turnamen tingkat regional seperti Asia Tenggara dengan Bigetron RA dan Aerowolf LIMAX dari Indonesia.

Sang juara, sayang sekali bukan Bigetron RA melainkan Four Angry Men di posisi pertama. Meski demikian, Bigetron RA di posisi kedua masih bisa mendapatkan trofi kebanggaan PMGC 2020 setelah lolos di posisi kedua dengan Aerowolf LIMAX yang selamat di posisi ke-15.

turnamen esports mobile terbesar
Photo via: YouTube PUBG Mobile Indonesia

2. Peacekeeper Elite League 2020 (PUBG Mobile) - USD 3,755,727

Turnamen satu ini merupakan ajang PUBG Mobile terbesar di Tiongkok dengan hadiah yang sangat fantastis. Setiap musimnya mampu menghadirkan juara baru yang tentunya menjadi warna unik.

All Gamers mampu menjadi juara Peacekeeper Elite League Season 1, lalu ada Nova Esports di Season 2, dan terakhir sang favorit juara yaitu Four Angry Men sebagai juara PEL 2020 Season 3 dan membawa pulang hadiah sebesar USD 444,842.

turnamen esports mobile terbesar
Sumber: Tencent

1. Honor of Kings World Champion Cup 2020 (Honor of Kings) - USD 4,533,660

Arena of Valor rasa Tiongkok? Yap, Honor of Kings menjadi turnamen paling tinggi untuk platform game mobile. Harga yang sangat mahal, hanya untuk satu negara saja yaitu Tiongkok. Dari data Tencent dan Garena, memang game franchise AoV sangat laku di beberapa negara Asia Tenggara seperti Thailan dengan nama RoV.

Tak main-main Tiongkok mampu melampaui ekspektasi banyak orang dengan menghasilkan turnamen berhadiah fantastis. Meski begitu, turnamen tetap diselenggarakan secara offline/LAN hanya bagi pemain yang sudah lama menetap di Tiongkok (tidak berpergian). Alhasil, Turnso Gaming menjadi juara dan membawa hadiah sebesar 1,933,821 USD dan Dyanmite Gaming di urutan kedua dengan USD 736,694.

turnamen esports mobile terbesar
Sumber: cgtn.com

Seperti yang kalian lihat pada jajaran turnamen tersebut, ada beberapa kompetisi yang jarang sekali terdengar di telinga para gamers Indonesia yang ternyata malah sukses dinobatkan sebagai turnamen esports mobile terbesar di tahun 2020.

Tentu RevivalTV sendiri bersyukur karena di tengah-tengah pandemi yang berat masih ada kompetisi besar yang diselenggarakan demi menjaga ekosistem esports di seluruh dunia tetap stabil.

Ikuti lini masa RevivaLTV di YouTubeInstagramFacebook dan Revivalpedia untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar esports.