By Alif "Leph" Hidayatullah In Featured, VALORANT Monday, 26 April 2021

Game besutan Riot Games yaitu VALORANT baru-baru ini mengumumkan akan mengeluarkan map baru yaitu Breeze. Untuk itu mari kita bahas fakta menarik 5 Map pertama VALORANT dan fakta-fakta menariknya.

1. Bind

Mini Map Bind

Fakta menarik map Bind adalah map yang berasal dari Maroko dan rilis saat pertama kali VALORANT hadir yaitu tanggal 7 April 2020. Map ini sekilas tampak seperti pabrik tua yang berada di tengah gurun pasir negara Maroko.

Keunikan dari map ini adalah adanya 2 teleportasi yang memudahkan pemain untuk berpindah dari site A ke site B. Pada turnamen VALORANT yang terdaftar di liquipedia map ini memiliki persentasi kemenangan attacker sebesar 49.1% dan defender sebesar 50.9%.

Besarnya wilayah site A membuat banyak pemain VALORANT yang memakai site ini sebagai incaran utama saat ekonomi stabil. Kedua site ini juga dapat di retake dengan mudah oleh defender maupun attacker karena adanya 2 pintu masuk ke dalam site.

2. Split

Mini Map Split

Fakta menarik map Split adalah map yang berasal dari negara Jepang yang rilis pada tanggal 7 April 2020. Map ini bertemakan bangunan-bangunan di negara Jepang yang indah, modern dan menarik untuk dilihat. Tepatnya adalah bangunan-bangunan disebelah statiun kereta di negara Jepang.

Keunikan map ini adalah banyak ditemukannya tali-tali berwarna yang bisa membawa kita naik ketempat yang lebih tinggi maupun turun. Tali-tali ini mempunyai fungsi seperti tangga.

Map ini memiliki 2 site yang berada jauh antara 1 sama lain yang menguntungkan deffender. Pada saat menjadi attacker kalian harus bisa mengontrol daerah mid agar mempermudah rotasi dari satu site ke site lainnya.

Karena hal inilah menurut data dari Liquipedia, map ini memilihi persentasi 52.2% kemenangan saat menjadi defender yang lebih besar dari attacker yang hanya 47.8%.

3. Haven

Mini Map Haven

Sama halnya dengan map Bind dan Split, Haven rilis pada tanggal 7 April 2020. Fakta menarik map ini adalah map yang berasal dari wilayah Asia Tenggara yang bertemakan kuil di tengah pegunungan.

Keunikan dari map ini adalah adanya 3 site bomb yang terdapat didalam map ini. Untuk itulah map ini lebih menguntukkan bagi attacker karna lebih banyak memiliki pilihan untuk memasang bomb.

Map ini memiliki persentase kemenangan 51.5% saat menjadi attacker dan 48.5% saat menjadi defender. Pada saat menjadi deffender di map Haven kalian harus menjaga 3 site yang ada untuk memenangkan pertandingan.

4. Ascent

Mini Map Ascent

Fakta menarik map Ascent adalah map yang berasal dari negara di Italia yang rilis pada tanggal 2 Juni 2020. Map ini bertemakan bangunan-banguan di negara Italia namun seperti berada di atas awan. Ketika melihat map ini dari kejauhan, map ini sangat indah untuk dilihat dan pandang.

Map ini memiliki 2 site bomb yaitu A dan B dan ciri khasnya hampir sama dengan map Split. Pada map ini kalian harus menguasai daerah mid agar mudah untuk menguasai site A dan site B.

Karena bisa dibilang map ini lebih menguntungkan bagi deffender, persentasi kemenangan deffender adalah 52.8%. Sedangkan persentasi kemenangan di attacker hanya 47.2% lebih sedikit dibandingkan defender.

5. Icebox

Mini Map Icebox

Fakta menarik map Icebox berasal dari negara Rusia yang rilis pada tanggal 13 Oktober 2020. Icebox bertemakan tempat persinggahan box-box kontainer yang berada di tengah-tengah dataran es salju.

Seperti map Haven, di Icebox memiliki tali-tali kuning yang berfungsi seperti tangga untuk naik dan turun. Namun, tali-tali kuning di Icebox dapat digunakan untuk perpindah secara horizontal juga.

https://www.revivaltv.id/sentinels-singkirkan-t1-dari-vct-na-challenger-2/

Map ini bisa dibilang lebih menguntungkan sebagai defender karena pada buy round daerah yang dikuasai defender lebih besar. Banyak peggermar yanng kurang menyukai map ini karena terbilang sulit untuk dimainkan. Persentase kemenangan di map Icebox adalah 51.9% untuk attacker dan 48.1% untuk defender.

BACA JUGA: BOOM Esports ke Final, blaZek1ng: Berkat Coach Baru Kita

Nah, bagaimana nih menurut Sahabat RevivaL tentang ke 5 map ini? Map mana nih yang paling Sahabat RevivaL sukai? Tulis di kolom komentar ya.

Ikuti lini masa RevivaLTV di YouTubeInstagram dan Facebook untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar esports.

Editor: Yubian Asfar